Saturday, June 10, 2017

Boneka Tangan dan Macam-Macamnya

Media Pembelajaran
Media evaluasi yaitu semua suatu hal yang menyangkut software serta hardware yang bisa dipakai untuk meyampaikan isi materi ajar dari sumber belajar ke pebelajar (individu atau grup), yang bisa merangsang fikiran, perasaan, perhatian serta ketertarikan pebelajar demikian rupa hingga sistem belajar (didalam/diluar kelas) jadi lebih efisien. Bunga Flanel Wisuda

Dalam awal perubahannya, media mempunyai posisi jadi alat bantu dalam aktivitas evaluasi, yakni alat bantu mengajar untuk guru (teaching aids). Jadi alat bantu dalam mengajar, media diinginkan bisa memberi pengalaman kongkret, motivasi belajar, mempertinggi daya serap serta retensi belajar siswa. Dengan perkembangan tehnologi di beberapa bagian, umpamanya dalam tehnologi komunikasi serta info pada sekarang ini, media evaluasi mempunyai posisi sentral dalam sistem belajar serta bukanlah hanya jadi alat bantu. Media yaitu sisi integral dari sistem belajar mengajar.

Dalam posisi begini, pemakaian media evaluasi dihubungkan dengan apa-apa saja yang bisa dikerjakan oleh media, yang mungkin saja tidak dapat dikerjakan oleh guru (atau guru mengerjakannya kurang efektif). Dengan kata lain, kalau posisi guru jadi fasilitator serta media mempunyai posisi jadi sumber belajar yang menyangkut keseluruhnya lingkungan di sekitaran pebelajar.


Pemakaian media dalam aktivitas belajar mengajar mempunyai dampak yang besar pada alat-alat indera. Pemakaian media semakin lebih menanggung terjadinya pemahaman serta retensi yang tambah baik pada isi pelajaran. Media evaluasi juga dapat menghidupkan serta membawa pebelajar kedalam situasi rasa suka serta senang, dimana ada keterlibatan emosianal serta mental. Pasti hal semacam ini punya pengaruh pada semangat mereka belajar serta keadaan evaluasi yang lebih “hidup”, yang nanti bermuara pada penambahan pemahaman pebelajar pada materi ajar. Jadi, tujuan akhir pemakaian media yaitu untuk mempermudah belajar, bukanlah keringanan mengajar (Degeng, 2001).

BONEKA

Pengertian boneka adalah tiruan bentuk manusia serta bentuk binatang. Jadi sesungguhnya boneka adalah satu diantara jenis perbandingan. Boneka dalam penampilannya mempunyai karakteristik spesial.

MACAM-MACAM BONEKA

Diliat dari bentuk serta langkah memainkannya di kenal sebagian type boneka, diantaranya :

Boneka jari

Boneka ini di buat dengan alat simpel seperti tutup botol, bola pingpong, bambu kecil yang bisa digunakan jadi kepala boneka. Sesuai sama namanya boneka ini dima-inkan dengan memakai jari tangan. Kepala boneka ditempatkan pada ujung jari kita/dalam. Bisa pula di buat dari sejenis sarung tangan, di mana pada ujung jari sarung ta-ngan itu telah berupa kepala boneka serta dengan hal tersebut kita/dalam tinggal memainkannya saja.

Boneka Tangan

Bila boneka dari tiap-tiap ujung jari kita bisa memainkan satu tokoh, lain perihal dengan boneka tangan. Pada boneka tangan ini satu tangan kita cuma bisa memainkan satu boneka. Dimaksud boneka tangan, karna boneka ini cuma terbagi dalam kepala serta dua tangan saja, sedang sisi tubuh serta kakinya cuma adalah pakaian yang bakal tutup lengan orang yang memainkannya selain langkah memainkannya juga cuma menggunakan tangan (tanpa ada memakai alat bantu yang lain).


Langkah memainkanya yaitu jari telunjuk untuk memainkan atau menggerakkan kepala, ibu jari, serta jari tangan untuk menggerakkan tangan. Di Indonesia pemakaian boneka tangan jadi media pendidikan/evaluasi di sekolah-sekolah telah dilak-sanakan, bahkan juga digunakan di luar sekolah yakni pada tayangan TVRI dengan film seri boneka “Si Unyil” 

No comments:

Post a Comment